Blog kaya konten lebih mudah bersaing di serp

Diposting oleh ceritaku

on Selasa, 07 Desember 2010

Belajar SEO Blogspot – Ada mitos SEO yang mengatakan bahwa blog yang kaya konten akan lebih mudah bersaing di halaman hasil pencarian(SERP). benarkah demikian ? untuk itu juragan berusaha menjawabnya di blognya juragan kali ini tentang Pengaruh dan hubungan antara jumlah posting blog dengan tingkat ke-seo-an sebuah blog. Dalam posting kali ini, Juragan akan coba menjabarkan apa pengaruh jumlah posting dengan level ke-seo-an sebuah blog/situs dengan permisalan(contoh kasus).

Misalkan ada sebuah blog, katakan blog A. Dan satu blog lagi kita namakan blog B. Berikut adalah spesifikasi kedua blog tersebut menurut jumlah posting masing-masing :

Blog A : Jumlah posting/artikel pada blog A berjumlah 200an
Blog B : Jumlah posting/artikel pada blog B berjumlah 20an

Terlihat jelas interval yang sangat jauh dari jumlah posting kedua blog tersebut. Semakin banyak jumlah posting, artinya semakin besar ukuran(size) sebuah blog. Ini artinya, ukuran Blog A lebih besar dari pada ukuran Blog B. Jika dijabarkan sebagai berikut :

Blog A : jumlah posting 200an = size blog besar
Blog B : jumlah posting 20an = size blog kecil

Nah, ukuran(size) ini lah yang berpengaruh terhadap tingkat keseoan sebuah blog. Semakin besar ukuran blog tersebut maka semakin mudah ia bersaing dengan kompatitornya untuk keyword pendek. Sedangkan blog dengan ukuran(size) yang kecil akan sangat sulit untuk bersaing pada keyword yang kompetitif(kata kunci pendek). Biasanya blog-blog dengan ukuran yang kecil hanya bisa bersaing dengan memanfaatkan long-tail keyword atau kata kunci panjang.

Contoh :
Blog A akan sangat mudah bersaing pada keyword "Tips SEO" karena jumlah postingnya banyak(ukuran blog menjadi besar).
Blog B akan sangat sulit untuk bersaing pada keyword "tips SEO" karena jumlah postingnya sedikit(ukuran blog kecil). Untuk menyiasati hal tersebut pemilik blog B akan mengincar keyword panjang seperti "Tips SEO untuk pemula".

Mengapa ukuran blog yang besar lebih mudah bersaing pada kata kunci kompetitif ?
Alasan utamanya adalah, mesin pencari menganggap bahwa situs yang berukuran besar(karena memiliki jumlah posting yang besar pula) merupakan situs yang sudah berumur dan kaya konten. Situs yang kaya konten dianggap sebagai situs yang berpengalaman dan berguna bagi pengunjung. Oleh karena itu mesin pencari, google contohnya lebih mendahulukan situs-situs yang kaya akan konten. Contoh situs yang kaya konten adalah situs-situs portal berita (detik.com,kompas.com,dll)

Kesimpulan
Jika blog sobat tergolong pada golongan blog B jangan memaksakan diri untuk mengincar kata kunci pendek. Lebih baik sobat tingkatkan frekuensi update sambil menembak kata kunci panjang(long-tail keyword).

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar